August 17, 2022

KM Ruiz

Blog Ruiz

Pekan Depan Sejumlah Ponsel Tidak Bisa Pakai Aplikasi Whatsappa, Ini Daftarnya

2 min read

Mulai pekan depan atau tanggal 1 November 2021, aplikasi Whatsapp bakal menutup aksesnya di sejumlah ponsel. Sejumlah tipe handphone Android pun telah disebutkan sebelumnya oleh Whatsapp yang tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut bulan depan. Disebutkan, smartphone dengan sistem operasi Android 4.0.4 atau versi yang lebih lama, tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," tulis pihak WhatsApp. Android 4.0.4 atau yang lebih dikenal dengan nama Ice Cream Sandwich, diumumkan Google pada 19 Oktober 2011. Itu artinya, sistem operasi tersebut sudah berusia sekitar 10 tahun. Bahkan, pada 2018 lalu Google sudah menyetop dukungan untuk Android Ice Cream Sandwich.

Meskipun tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp, ponsel Android 4.0.4 atau versi yang lebih lama tetap bisa menerima SMS atau panggilan untuk proses verifikasi. Sehingga, pengguna tetap bisa menggunakan ponsel tersebut untuk menerima kode OTP. Selain smartphone Android, WhatsApp juga mengumumkan sejumlah model iPhone lawas yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 November. iPhone tersebut adalah yang menjalankan iOS 9 atau versi yang lebih lama. Ada beberapa model smartphone Android dari berbagai merek yang tidak akan bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November, seperti merek Samsung, LG, ZTE, Huawei, Sony, dan Alcatel.

Berikut daftar HP Android yang tidak bisa menggunakan WhatsApp per 1 November, dirangum KompasTekno dari Times of India, Senin (25/10/2021): Samsung Galaxy Trend Lite Galaxy Trend II, Galaxy SII Galaxy S3 mini Galaxy Xcover 2 Galaxy Core Galaxy Ace 2 Lucid 2, LG Optimus F7 LG Optimus F5 Optimus L3 II Dual Optimus L5 Optimus L5 II Optimus L5 Dual Optimus L3 II Optimus L7 Optimus L7 II Dual Optimus L7 II Optimus F6 Enact Optimus L4 II Dual Optimus F3 Optimus L4 II Optimus L2 II Optimus Nitro HD Optimus F3Q

ZTE Grand S Flex ZTE V956 Grand X Quad V987 ZTE Grand Memo Ascend G740 Ascend Mate Ascend D Quad XL Ascend D1 Quad XL Ascend P1 S Ascend D2 Xperia Miro Sony Xperia Neo L Xperia Arc S

Untuk meyakinkan kembali, tidak ada salahnya mengecek lebih dulu versi Android yang berjalan di perangkat. Karena masing masing merek smartphone Android memiliki antarmuka (user interface) yang berbeda, ada kemungkinan cara mengecek versi Android berbeda. Tapi secara umum, langkahnya hampir sama. Dalam tutorial berikut, KompasTekno menggunakan ponsel Galaxy Note 9 dengan Android 10 dan antarmuka One UI 2.5, berikut caranya: Buka menu pengaturan. Gulir layar ke bawah, klik menu "tentang ponsel/about phone". Klik informasi perangkat lunak. Nantinya akan muncul informasi versi Android, sekaligus UI yang sedang digunakan. Untuk memperbarui versi Android, buka menu pengaturan > "update software/update perangkat lunak" > "unduh dan instal"

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.